Semangat Baru di Hari Blogger 2022

2 komentar
Halo, Temans …. Buat kalian yang ngakunya blogger, aku ucapin Selamat Hari Blogger 2022, ya.

Selamat Hari Blogger 2022

Alhamdulillah, 3 tahun ini aku bisa ketemu sama Hari Blogger. Hem, apakah ada Temans yang punya pertanyaan seperti ini: “Lah, baru 3 tahun tho ngeblognya?” Ato … “Loh, udah 3 tahun kok ngeblognya masih kayak gitu?”

Baiklah, kayaknya aku perlu klarifikasi atas 2 hal itu.

Pertama, nggak terasa ternyata aku udah 3 tahun ngeblog. Awal mula ngeblog 'diiming-imingi' seorang teman yang bisa jalan-jalan karena bergabung di sebuah komunitas blogger. Saat itu, aku hanya seorang penulis cerpen amatir dan berpikir kayaknya seru gabung di komunitas blogger itu.

Mulailah aku menulis di sebuah blog yang kuberi nama diniverita.blogspot.com. Baru 1 artikel tentang tumpeng, dan itu pun cuma sekelumit kalimat. Hehe. Tapi sekarang, blog itu udah bertransformasi buat review film, drakor, sama wisata.

Aku pun tertarik ikut Blogspedia Coaching 1 di tahun 2020. Masih pake akun diniverita, aku menambah 1 artikel lagi, alasanku ngeblog sebagai tugas ke-1 Blogspedia Coaching.

Nah, ketika materi-materi kelas mulai diajarkan dan aku mengenal teman-teman di BC 1, pendirianku tentang nama akun diniverita mulai goyah. Sepertinya kok gimana gitu, ya, biasa aja. Aku pengin punya nama akun yang ‘sedikit’ unik. Jadilah akun penjelajahseru.my.id.

Akun penjelajahseru.my.id ini udah berisi beberapa artikel, di antaranya tugas dari BC 1 dan petualangan-petualanganku selama tahun 2021. Tapi, semua berakhir ketika masa kontrak domainku harus diperpanjang. Harga perpanjangan domain menjadi salah satu pertimbanganku. Meski masih di bawah 100 ribu, tapi kok berat, toh blog ini cuma aku pake buat nulis kenangan aja. Semacam diari gitu.

Di awal tahun 2022, aku bikin lagi. Akun kisahpisces ini. Bener-bener bingung cari nama yang cocok sama suasana hatiku saat itu. Lah, bikin nama akun pake perasaan juga, ya? Wkwkwk.

Saat itu, aku cuma pengin mau menuliskan kisah-kisah keseharianku. Pokoknya buat diari, mengingat saat itu aku sering sakit saraf. Takut efek jangka panjangnya (kalo aku bener-bener jadi pikun atau punya penyakit tertentu), semua peristiwa yang terjadi dalam satu hari itu, sebisanya kutuliskan.

Ternyata nggak semudah yang diharapkan. Ada aja yang bikin aku nggak nulis. Entah karena males, nggak pengin nulis, atau memang hal-hal yang terjadi itu nggak pantas buat ditulis. Mulai plin-plan, deh.

‘Tantangan’ dari WAG BC membangkitkan kembali semangatku menulis. Ya, meski cuma disuruh setor minimal 4 artikel selama sebulan kalo nggak mau ditendang dari WAG. Kayaknya enteng, ya, tapi kenyataannya banyak yang ketendang dari grup.

Buat mengantisipasi kemalasanku, beberapa artikel dari penjelajahseru, aku masukkan ke akun ini. Curang nggak, sih? Yo maaf, ya, sapa tau ada yang belum baca, aku bantu share di akun ini, kan penjelajahseru-nya udah nggak bisa dibuka. Ngeles ….

Nah, sekarang lanjut buat klarifikasi pertanyaan yang kedua. Loh, udah 3 tahun kok ngeblognya masih kayak gitu?

Secara nggak langsung, pertanyaan itu udah kejawab sama pernyataanku di atas yang panjang kali lebar, ya. Awalnya ya gitu, cuma pengin jadi diari aja. Lha wong aku juga sebenarnya nggak bisa nulis artikel yang ciamik. Eh, jangan bilang nggak bisa dulu, deng, mungkin lebih tepatnya belum bisa.

Tapiii … sejak teman-teman dari BC 3 masuk ke WAG, semangatku nulis tentang artikel umum tiba-tiba muncul. Nggak tau juga kenapa. Merasakan semangat mereka; kepoin akun medsos sama baca-baca blog dari teman-teman ini, membuat aku berpikir lagi.

Mau dibawa ke mana blogku ini?

Terlebih lagi, setelah aku masuk WAG Support Gandjel Rel, salah satu komunitas blogger Semarang. Masyaallah, aku senang banget punya teman-teman yang cerdas. Cara mereka mengolah kata, cara penyampaian, penulisan, sama tampilan template, bikin aku semakin sadar. Banyak peluang yang bisa Temans dapatkan dari blog!

Nggak cuma dapat teman-teman yang cerdas, nggak cuma dapat pengetahuan dari tulisan blog, tapi Temans juga bisa mendapatkan tambahan income dari sini. Bahkan beberapa di antaranya, menjadikan blog sebagai penghasilan utama karena income yang luar biasa. Masyaallah!

Karena itulah, sebagai awal penyemangatku, hari ini yang bertepatan dengan Hari Blogger, aku memasang Google Analytics. Semoga nggak ada kata terlambat buat memulai ini, ya? Ke depannya, aku berharap bisa menulis artikel dengan baik. Aamiin.

Ayo, tetap semangat, Temans! Jadikan Hari Blogger ini sebagai pemicu semangat buat menulis karya yang bermanfaat.

Kisahpisces


Related Posts

2 komentar

  1. Masih bisa dibuka dong.. tinggal lepas aja settingan TLD nya dari blog Penjelajah Seru, kembalikan ke blogspot lagi.. nanti blog Penjelajah Seru bisa diakses lagi deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, jazakillahu khayran, Coach. Alhamdulillah, penjelajahseru-nya bisa tampil lagi. Kayaknya mo dibuat spesifik niche aja deh :D

      Hapus

Posting Komentar