Ini Dia, 7 Adab Ngeblog yang Harus Kamu Pahami

Posting Komentar

 Adab Ngeblog yang Harus Kamu Pahami

Baiklah, untuk melengkapi tugas liburan—karena bingung mo ngresume apa dari materi hari ketiga kelas Webinar Marathon Coaching Growthing, maka dengan ini aku mengambil salah satu materi dari kelas Blogspedia Coaching for Newbie, ya. Lebih tepatnya materi pertama, yaitu Adab Ngeblog yaitu hal-hal yang penting diketahui sebelum nyemplung ke dunia blogging. 

Kenapa pilih materi ini? Ya, biar urut aja. Masa’ tiba-tiba langsung ngresume materi keempat, nanti yang baca bingung. Insyaallah, deh, kalo masih diberi kesempatan, aku juga akan ngresume materi kedua, ketiga, keempat, dan selanjutnya dari kelas Blogspedia ini. Aamiin. 

Pengertian Blogger 

Sebelum masuk ke materi, ada baiknya aku memperkenalkan apa itu blogger. Menurut KBBI, blogger itu sebutan untuk orang yang ngeblog; pengeblog; narablog. Sementara, blog itu sendiri adalah catatan harian atau jurnal pribadi di internet yang dapat diakses oleh siapa pun. 

Kenapa Harus Ngeblog? 

Nah, ini pertanyaan mudah tapi jawabannya sulit. Harus benar-benar menemukan THE BIG WHY-nya dari hati masing-masing penulis. Ya, tentu saja yang punya blog adalah mereka yang suka menulis. 

Di saat ada banyak wadah buat menulis, aku memilih blog sebagai rumah menulisku karena di sinilah aku bisa menjadi diri sendiri. Meski harus bekerja keras buat bisa menulis panjang minimal 800 kata (syarat kelas segitu, hiks!) Tapi dengan gaya bahasa yang santai dan sederhana, aku yakin mampu menjalaninya sebagai rutinitas. Lho, disuruh ngresume kok malah curhat. 

Balik lagi ke tugas, deh. Itu tadi alasanku ngeblog. Kalo alasan kamu apa? 

Syarat Blogger yang Baik 

Ternyata, jadi blogger itu nggak asal-asalan, ya, teman-teman. Kita juga harus menjaga adab agar jadi blogger yang baik. Adabnya nggak banyak, kok. Cuma tiga yang wajib kita jalankan. 
  • Bermanfaat. 
Sebagai perempuan, wajarlah kalo kita sering curhat, ya. Syukur-syukur ketemu teman yang baik dan mau menerima curhatan kita. Wah, itu sih alhamdulillah banget. Tapi, gimana kalo nggak ada teman yang enak diajak ngobrol? 
Inilah salah satu manfaat blog. Kita bisa curhat sepanjang-panjangnya, bahkan mau semalam suntuk pun, blog rela jadi tumpahan emosimu. Tapiii … ada syaratnya juga. Curhatnya yang baik-baik aja. Kalaupun nggak bisa mengedukasi, setidaknya menghibur yang baca. Ingat, lho, curhatan itu bisa dibaca banyak orang, jadi jangan sampe merugikan diri sendiri! 
  • Terus Belajar 
Jadi blogger jangan cepat merasa puas dengan apa yang udah diketahui. Teruslah berproses agar makin pintar, jadi akan makin banyak pula ilmu yang bisa disalurkan lewat blog. 
  • Rajin Update 
Udah bikin rumah cantik terus ditinggal? Eman-eman, dong. Blogger yang baik nggak akan membiarkan rumahnya jadi sarang laba-laba. Dia bertanggung jawab penuh atas rumah yang udah dibangunnya. Apalagi kalo udah punya pembaca yang setia nunggui tulisan-tulisannya. Kasihan, ‘kan, kalo kepanasan dan kehujanan di luar sana? 

Adab-Adab Ngeblog 

Ini dia pemaparan adab-adab ngeblog yang penting diketahui sebelum nyemplung ke dunia perbloggeran.


7 adab sebelum kamu nyemplung ke blogging


Adab Nulis Artikel 

Nggak cuma bloggernya yang punya adab. Tulisan pun nggak luput dari syarat wajib seorang blogger sejati. 
  • Personal Touch. Tulisan yang jujur dan pake hati, akan lebih sampe ke pembaca. Tulisannya nggak mengada-ada, lempeng aja jadi runut dan enak dibaca. Dijamin pembaca akan betah berada di rumah kita. 
  • Jangan Plagiasi. Bolehlah terinspirasi, tapi jangan sama persislah. Masing-masing penulis punya ciri khas, lho, jadi kita bisa buat pembaca nyaman dengan gaya bahasa kita sendiri. Jangan biarkan mereka risi dengan cara “ngobrol” kita yang meniru gaya orang lain. Pastikan juga sumber referensinya kalo harus ngutip tulisan orang lain, ya.  Begitu juga dengan gambar dan video yang harus diposting dalam artikel. Semuanya nggak boleh plagiasi. Lebih enak juga kalo orisinil, kita nggak akan kena hukum copyright. Baca juga Tips Foto ala Smartphone.   

Adab Berkomunitas 

Usahakan ikut komunitas agar bisa konsisten update tulisan. Nah, kalo udah masuk, tetap jaga adab-adabnya, ya. 
  • Ikuti Peraturannya. Beda komunitas, bisa jadi beda pula peraturannya. Hormati aja setiap ‘warna’ di setiap komunitas yang kita ikuti. Kalaupun akhirnya nggak bisa sejalan, keluar dengan baik-baik, ya, nggak perlu perang argumen. Selanjutnya, kita bisa pilih komunitas yang sewarna agar tetap bisa konsisten buat nulis. 
  • Jangan Hanya Mau diberi. Jangan egois kalo udah masuk komunitas. Saling memberi dan menerima itu wajib, lho. Jangan jadi anggota yang pinginnya diberi terus, tapi nggak mau ngasih timbal balik ke komunitas. 
  • SKSD. Saling Kenal Saling Dekat. Kalo anggotanya sedikit, pasti bisa ya saling mengenal. Tapi kalo anggotanya banyak, minimal founder-nya kita kenal. 

Adab Blogwalking 

Selain menunggu pembaca yang datang ke blog kita, ada baiknya kita juga bersilaturahmi ke blog tetangga. Di sana pun, kita juga harus menjaga sopan santun. 
  • Jangan asal komen. Baca artikelnya secara keseluruhan, ya. Berikan komentar yang sesuai isi artikel. 
  • Minimal 5 kata. Kalo ngasih komentar jangan singkat-singkat amat, nanti dikira spam. 
  • Jangan tinggalkan link hidup. Ini kerjaan blogger nakal dan bisa dianggap spam comments. 
  • Kritikan lewat japri aja. Setiap blogger punya kuasa atas rumahnya, ya. Kalo kita merasa nggak sreg dengan isi artikelnya, dijapri aja. Nggak sopan juga kalo kritikan itu dibaca banyak orang. 
  • Balas komentar. Nah, kalo pembaca/blogger lain yang ‘memberi buah tangan’ di rumah kita, jangan lupa ucapkan terima kasih atau ucapan lain agar mereka merasa dihargai. Jangan dicuekin, ya. 

Adab pada Haters 

  • Jangan Terbawa Emosi. Jangan mudah terbawa emosi ketika kita mendapatkan komentar yang nggak sesuai dengan hati. Endapkan aja dulu komentar itu. Kalo udah tenang, baru dijawab. 
  • Jadikan Sebagai Introspeksi Diri. Dengan pendapat yang nggak sepaham itu, kita bisa belajar menyampaikan pendapat dengan lebih baik lagi. Atau mungkin aja pendapat itu jadi ide untuk mengembangkan tulisan-tulisan lama. 
  • Tetap Semangat. Jadikan pendapat kontra itu sebagai penyemangat, ya. Jangan loyo untuk terus berkarya! 

Adab di Acara Blogger 

  • Datang Tepat Waktu. Bisa ngobrol-ngobrol dulu dengan blogger lain. Sapa tahu jadi inspirasi untuk tulisan baru. 
  • Kenali dan Hormati Pengundang. Sebelum datang, kita bisa tanya-tanya dulu dress code dan peraturannya. 
  • Ikuti Acara dengan Baik. Pastikan kita tahu dan paham apa yang harus dikerjakan. Namanya juga pertemuan blogger, bisa jadi nanti disuruh bikin tulisan tentang kegiatan itu di blog. 
  • Kosongkan Gelas. Meskipun materinya bukan hal baru buat kita, tapi tetaplah rendah hati dan mengosongkan gelas agar dapat menerima ilmunya dengan baik. 
  • Jalin komunikasi. Jangan lupa bertukar nomor ponsel, sapa tahu akan diundang ke event selanjutnya. 

Adab pada Klien 

Tulisan yang berkualitas akan mengantarkan kita pada banyak job. Kita bisa aja menerima banyak permintaan untuk menjadi content writer atau job-job lain yang menyangkut isi blog. 

  • Balas dengan Sopan. Kalo tema yang diberikan nggak cocok atau harganya yang nggak pas, balas dengan sopan dan jangan merendahkan. Kalaupun harus menolaknya, tolak juga dengan sopan dan jangan memberi harapan agar klien nggak terus bertanya tentang kesanggupan kita. Capek, lho! 
  • Jaga Rahasia. Jangan sebarkan fee klien A ke klien B. Itu nggak etis, ya. Setiap klien punya tarif dan standar tulisan yang berbeda-beda. 
  • Jaga Kualitas dan Komunikasi. Tetap jaga kualitas tulisan dan jangan dihapus kalo job sudah dibayar. Ada klien yang rutin ngecek, lho. Kalau kita setia, klien bisa kasih job-job lainnya. 

Adab pada Diri Sendiri dan Keluarga 

Meski dibahas paling akhir, tapi ini yang paling penting. 
  • Manajemen Diri. Tetap jaga kesehatan, ya, nggak perlu diforsir. Kalo capek, istirahatlah dan sayangi diri sendiri. 
  • Manajemen Waktu. Bagi waktu sesuai prioritas dan gunakanlah semaksimal mungkin. Jangan ingkari waktu yang udah dibuat itu. 
  • Manajemen Bahagia. Menulis memang membahagiakan kita. Tapi jangan lupa juga dengan kebahagiaan orang-orang yang udah mendukung kita, ya. 

Alhamdulillah, materi pertama tentang adab ngeblog udah aku paparkan. Semoga menginspirasi dan bermanfaat bagi teman-teman yang pingin nyemplung ke dunia perbloggeran.

Related Posts

Posting Komentar