Membongkar Rahasia Page View Blog dan Google Analytics

Posting Komentar

 Rahasia page view blog


Hari Minggu (25/10/2020) kemarin, aku berkesempatan mengikuti kelas pertama Webinar Marathon Coaching Growthing Part 1. Pada hari itu, materi yang disampaikan adalah membongkar rahasia page view blog dan Google Analytics. 

Jujur, ini pertama kali aku mengikuti webinar dengan bahasan yang masih asing di telingaku. Bagaimana nggak? Baru aja nyemplung di dunia perbloggeran, aku sudah disuguhi materi yang bikin kepala ngebul. 😄 

Selain pingin belajar ngeblog dengan lebih serius, artikel ini juga merupakan salah satu tugas dari kelas Blogspedia Coaching #1. Jadi, sebagai murid yang bertanggung jawab, aku harus menyelesaikan satu per satu tugasnya. Semoga aja nggak kena tendangan Mbak Mar. 

Webinar Marathon Growthing hari pertama

Rahasia Page View-nya Mbak Rini Novita Sari

Materi pertama disampaikan oleh Mbak Rini dari celotehdinihari.com. Gaya bicaranya yang ringan, membuatku santai dalam mengikutinya. 

Materinya cukup membuatku mengerutkan dahi. Mikir keras buanget ini. Untungnya, Mbak Rini ini mampu menjelaskannya dengan baik. Yuk, simak apa aja, sih, tips meningkatkan page view blog ala Mbak Rini! 

Apa, sih, Page View Itu?


PV itu apa, sih? PV adalah jumlah halaman yang dilihat oleh pengunjung blog. Semakin tinggi jumlah PV, maka semakin bagus pula kualitas blog. PV itu sendiri bisa dilihat di Google Analytics. 

Pengunjung blog disebut dengan user/visitor. Nah, visitor itu sendiri terbagi dalam 3 kategori. 
  • Unique Visitor adalah pengunjung yang kedatangannya ditentukan oleh IP Adress, Browser, dan Cookies yang tersimpan di setiap browser.
  • Pageview adalah tatangan halaman yang muncul setiap pengunjung mengklik satu tautan tertentu.
  • Bounce Rate adalah persentase dari visitor yang meninggalkan halaman tanpa melakukan tindakan seperti mengklik link.

1 PV bisa mendatangkan lebih dari 1 poin setiap membuka halaman. Jadi, semakin banyak halaman yang dibuka, semakin banyak poin yang akan kita dapat. 

Masalah yang Dihadapi Page View (PV)

Lalu, masalah apa saja yang dihadapi page view itu? 
  • Banyak blogger yang mengabaikannya (sebagai blogger pemula, tentu aku masuk dalam kategori ini).
  • Belum mengerti manfaat dari PV ini (sekadar menulis, lalu membagikannya di blog, tanpa tahu manfaat-manfaat yang bisa didulang dari keberadaan PV).
  • Bingung bagaimana meningkatkan PV (Lah, PV aja nggak mudeng, apalagi meningkatkannya).
  • Fokus ke authority, tapi lupa optimasi (apa pula itu?) 

Apakah Page View Itu Penting?

  • PV tinggi adalah harapan para blogger yang memasang adsense alias iklan. Itu artinya PV bisa memberikan penghasilan yang mengalir ke rekening blogger.
  • Meningkatkan Conversion Rate (perbandingan visitor yang membeli dengan visitor yang melihat iklan kita).
  • PV tinggi menandakan blog dan konten berkualitas. Ini menunjukkan kalo blog kita banyak visitornya.
  • Meningkatkan rate card (harga) kita. Semakin banyak poin, harga dari klien juga akan semakin tinggi.
  • Memperbesar peluang mendapatkan tawaran kerja. Karena blog sudah semakin terkenal, jadi banyak klien yang percaya akan kualitas konten kita. Agensi banyak memakai para PV sebagai syarat blog yang layak diajak kerja sama.

Sumber Traffic Itu Dari Mana Aja?

Analitik --> Ausisi --> Ringkasan

Di Google Analytics dapat dilihat diagram yang menunjukkan sumber-sumber traffic yang meliputi: 
  • Organics search (posisi di pencarian Google. Kalo mau berada di posisi teratas, kita harus benerin konten dan SEO).
  • Direct.
  • Media sosial. Banyakin berinteraksi dengan sesama pengguna media sosial.
  • Referral.

Cara Menaikkan PV Blog

1. Reset Keyword
  • Menggunakan intuisi atau feeling.
  • Menggunakan google keyword planner. https://ads.google.com/home/tools/keyword-planner/
  • Keywordtool.io + google keyword planner
  • Keywordfinder.io
  • Neil patel
  • Masukan prediksi keyword, lihat volume pencarian direkomendasikan volume 100-1.000 per bulan. 

2. Menulis Artikel SEO dan Human Frindly. 

Poin-poin yang harus dipenuhi sesuai SEO antara lain: 
  • Pilih bahasa yang paling nyaman.
  • Pilih keyword yang tepat.
  • Judul berisi keyword.
  • Perhatikan URL.
  • Jumlah kata di atas 500.
  • Penempatan keyword – judul – sub heading.
  • Jumlah keyword.
  • Heading sub heading.
  • Link internal dan eksternal.
  • Optimasi gambar.
  • Meta deskripsi.
  • Masukkan LSI.


3. Link Building

Sebuah teknik tertentu agar website lain memberikan link (tautan) menuju website kita. 

4. Membuat Artikel Trending atau Viral https://trens.google.com/trend/explore

5. Blogwalking, memberikan komentar di blog orang lain. 

6. Optimasi Pagespeed

7. Desain Blog yang Menarik dan Navigasi yang Jelas 

8. Kulik Search Console. Digunakan untuk mengetahui performa blog kita di mesin pencari. 

9. Kulik Google Analytics

Indikator-Indikator Blog yang Dilirik Klien buat Pasang Iklan

  • Komen atau interaksi blog. Ini menunjukkan tingkat korelasi kita dengan blog lain.
  • Keaktifan blog atau jumlah indexing. Blognya harus selalu diisi, jadi follower dan visitor akan tetap setia untuk mengunjungi blog kita.
  • Tampilan blog. Template harus menarik sehingga visitor nggak bosen berkunjung.
  • Konten atau gaya tulisan. Ini salah satu poin paling penting, alasan mengapa visitor mau berkunjung ke blog kita karena kontennya menarik dan paling dicari.
  • Foto/infografis. Isi konten jangan tulisan aja, paling nggak ada satu atau dua foto/infografis agar semakin menarik.
  • Fingagement sosial media.
  • Kesesuaian konten blog dengan produk milik klien. Kalo nggak sinkron lucu juga, ya?

Ulasan Google Analytics ala Mas Bahrul Ilmi

Nah, pemateri selanjutnya adalah Mas Bahrul Ilmi atau yang lebih akrab dipanggil Mas Baim. Beliau mengupas tentang keberadaan Google Analytics. 

Google Analytics (GA) Buat Apa?

  1. Memantau pergerakan traffic blog kita.
  2. Mengetahui sumber traffic.
  3. Mengevaluasi konten.
  4. Memahami audiens.
  5. Laporan kerja sama.

Menu wajib yang harus diketahui di GA

  • Real time, melihat aktivitas visitor secara langsung pada blog.
  • Audience, mengenal visitor yang datang ke blog kita.
  • Acquisition, melihat rangkuman data traffic pada blog.
  • Behavior, melihat perilaku pengguna pada blog.

Alhamdulillah, webinar tentang membongkar rahasia page view blog dan Google Analytics malam itu, bisa aku ikuti dengan baik. Meski belum begitu paham, tapi aku jadi semakin bersemangat untuk membuat blog yang berkualitas. 

Related Posts

Posting Komentar