I-LAND, Tempat Kelahiran Boygroup ENHYPEN

Posting Komentar

 I-LAND, Tempat Kelahiran ENHYPEN


Bagi penggemar KPOP, pasti nggak asing lagi dengan nama grup idola baru ini. Ya, ENHYPEN atau yang lebih sering disingkat dengan nama EN-. 

Tapi, buat teman-teman yang belum tahu apa itu ENHYPEN dan siapa aja membernya, aku akan coba mereview-nya buat kalian. Simak, ya! 

Bermula dari I-Land

Di sinilah tempat para trainee memulai permainan bertahan hidup. I-LAND dibuat untuk menghasilkan grup idola yang sempurna. Perencanaan arsitektur dan konstruksinya pun dipersiapkan selama 3 tahun. 

I-LAND punya moto 'hidup, berlatih, dan tampil'. Dengan pemberian waktu yang terbatas, para trainee harus menghadapi berbagai tantangan I-LAND. 

Selain bangunan I-LAND yang megah, di sisi lain area ini juga terdapat bangunan GROUND, tempat bagi trainee yang gagal bertahan hidup. Tempatnya lebih kecil dengan fasilitas yang kalah jauh dari I-LAND. 

Bagian Pertama 


23 kontestan I-LANDER
sumber foto: wowkeren.com

EPISODE 1 

Episode 1 ini disiarkan pada 26 Juni 2020 waktu Korea Selatan. Awalnya, ada 23 trainee yang mengikuti seleksi. Tapi, ada 1 yang harus mengundurkan diri karena cedera ketika latihan bersama. 

Di episode ini, para trainee menunjukkan kemampuan mereka di depan juri yang terdiri dari Bang Si-Hyuk, Zico, dan Rain. Tapi, keputusan buat masuk ke I-Land justru ditentukan oleh sesama trainee dengan mengangkat tangan mereka. 

EPISODE 2 

Episode 2 disiarkan pada 3 Juli 2020. Awalnya, jumlah trainee yang bisa masuk ke I-Land ada 16. Tapi ternyata, kursi yang tersedia di I-LAND cuma 12. Jadi, mereka harus kembali mengeliminasi 4 trainee lain buat bergabung bareng trainee yang nggak lolos di GROUND. 

I-Lander (sebutan buat trainee yang ada di I-LAND) menampilkan nyanyian dan tarian ‘Into the I-Land’ yang dinilai oleh juri. Rata-rata nilai tim inilah yang menjadi patokan berapa I-lander yang akan dieliminasi dan masuk GROUND.

EPISODE 3 

Episode ini disiarkan pada 10 Juli 2020. Berdasarkan penilaian sebelumnya, ternyata rata-rata nilai tim mereka sangat rendah. Oleh sebab itu, ada 6 I-Lander yang harus menuju GROUND. Sebaliknya, ada 6 trainee dari GROUND yang bisa masuk ke I-LAND. 

Perjuangan para trainee tampak semakin berat. Baik yang ada di I-LAND ataupun GROUND, masing-masing berlatih keras buat tes nyanyi dan nari “Fire”-nya BTS. Hasilnya, ada 4 yang harus dieliminasi. 

EPISODE 4 

Episode 4 disiarkan pada 17 Juli 2020. Setelah pengumuman 4 I-Lander yang tereliminasi dan 4 Grounder yang berhasil kembali ke I-LAND, tantangan berikutnya adalah ‘battle unit’. 

Ada 2 unit yang dibentuk, unit menyanyi dan unit tarian. Unit menyanyi terdiri dari 2 orang dan unit tarian ada 3 orang. Dengan ketentuan, jika I-LAND yang menang dalam tantangan ini, maka nggak akan ada eliminasi. 

EPISODE 5 

Episode ini disiarkan pada 24 Juli 2020. Setelah battle unit menyanyi, episode ini menampilkan battle tarian yang sangat memukau. Hasilnya, I-LAND menang telak. Maka, nggak ada eliminasi. 

Tantangan masih berlanjut dan episode ini mulai menentukan 12 I-Lander yang akan lanjut ke Bagian 2 dari program ini. I-LAND dan GROUND berlatih keras dengan lagu yang baru mereka dengar, “I&credible”. 

EPISODE 6 

Episode ini disiarkan pada 31 Juli 2020. Perjuangan bertahan hidup yang semakin seru. Masing-masing trainee dengan sekuat tenaga menunjukkan bakat dan kemampuan. 

Enam I-Lander harus dieliminasi. Mau nggak mau, mereka harus ke GROUND dan berlatih bareng trainee yang ada di sana buat kembali dalam panggung “I&credible’. 

Bagian Kedua 


Finalis I-LAND
sumber foto: Prambors FM

EPISODE 7 

Disiarkan pada 14 Agustus 2020. Setelah keluar masuk I-LAND dan GROUND, akhirnya 12 finalis Bagian Kedua tercipta melalui pemungutan suara penggemar global. Perlu diketahui, 6 finalis yang berhasil bertahan pada episode sebelumnya adalah Park Sunghoon, Yang Jungwon, Lee Heesung, Jay, Jake, dan K. 

Pengumuman berlangsung mendebarkan. Hanya ada 6 Grounder yang bisa lanjut ke Bagian Kedua. Sisanya, harus pulang ke rumah. Dan Grounder yang berhasil masuk final adalah Daniel, Ta-ki, Ni-Ki, Geonu, Hanbin, dan Kim Sunoo. 

Pemungutan suara penggemar global itu juga menentukan peringkat I-Lander, lho. Dan peringkat itu menentukan kamar tidur yang akan mereka tempati selama di I-LAND. 

Kamar Ungu buat peringkat 1-3, Kamar Kuning buat peringkat 4-6, Kamar Biru buat peringkat 7-9, dan Kamar Hijau untuk peringkat 10-12. Tentu saja fasilitas di Kamar Ungu lebih dari kamar lainnya. 

Di episode ini juga, para finalis mendapat kejutan dari BTS. Wow, daebak! 

EPISODE 8 

Berlanjut di Jumat pekan berikutnya, tepatnya pada 21 Agustus 2020. Setelah diadakan battle dance, terpilihlah ketua buat Tim “Fake Love”, Tim “DNA”, dan Tim “I Need U”. Masing-masing ketua berhak menentukan anggotanya. 

Masing-masing tim berlatih dengan sangat keras. Tim “Fake Love” terdiri dari Ta-Ki, Lee Heesung, Park Sunghon, dan Kim Sunoo. 

Sementara itu ada K, Ni-Ki, Jay, dan Hanbin di Tim “DNA”. Dan di Tim “I Need U” ada Daniel, Yang Jungwon, Jake, dan Geonu. 

Episode ini mulai mengeliminasi satu I-Lander. Seharusnya pada episode ini yang tereliminasi adalah Ta-Ki. Tapi karena timnya mendapat nilai tertinggi, maka yang dieliminasi adalah peringkat 11, yaitu Geonu. 

EPISODE 9 

Disiarkan pada 28 Agustus 2002. Tes kedua untuk 11 I-Lander terbagi dalam 2 tim. 

Tim “Flicker” dimanfaatkan oleh peringkat 1 dari pilihan produser di episode 8, yaitu Lee Heesung. Dia memilih K, Yang Jungwon, Park Sunghon, dan Jake. Sementara di Tim “Dive Into You” ada Daniel, Jay, Ta-Ki, Ni-Ki, Hanbin, dan Kim Sunoo. 

Di episode ini peringkat 1-3 diberi hadiah buat jalan-jalan ke luar I-LAND. Lee Heesung, Yang Jungwon, dan Park Sunghoon memanfaatkannya dengan berjalan-jalan ke mal. 

Selain bermain-main, mereka juga membelikan barang-barang buat I-Lander lainnya. So sweet, ya? 

EPISODE 10 

Pada episode yang disiarkan pada 4 September 2020 ini, I-Lander mendapat kejutan mini misi dari Seventeen yang harus dilaksanakan dalam waktu 24 jam. Satu tim harus menari dengan “HIT”, sedangkan tim lain dengan “Pretty U”. 

Baru 8 jam berlatih, Seventeen udah datang buat lihat hasil latihan mereka. Hasilnya, amazing! I-Lander mampu melakukannya dengan baik, bikin 4 member Seventeen itu terpana. 

Di akhir panggung, eliminasi kembali terjadi. Peringkat 11 harus meninggalkan I-LAND selamanya. Atas pemungutan suara penggemar global, yang tereliminasi adalah Ta-Ki! 

EPISODE 11 

Tes terakhir ada pada episode yang disiarkan tanggal 11 September 2020 ini. Lagu “Flame On” dan “Chamber 5” mengiringi 2 tim yang benar-benar maksimal menunjukkan kemampuan yang luar biasa. 

Di “Flame On” yang nadanya berapi-api ada K, Hanbin, Daniel, Jay, dan Ni-Ki. Sementara di “Chamber 5” yang bernuansa ceria, ada Kim Sunoo, Park Sunghoon, Yang Jungwon, Jake, dan Lee Heesung. 

Meski udah berusaha dengan maksimal, seorang I-Lander harus tereliminasi atas pilihan produser. Hanbin dari Vietnam yang harus pulang pada episode ini. 

EPISODE 12 (FINAL) 

Episode ini disiarkan secara langsung pada 18 September 2020. Para trainee yang sebelumnya tereliminasi, datang bersama-sama buat memberi semangat pada 9 I-Lander yang tersisa. 

Bener-bener mendebarkan! Enam I-Lander dipilih atas pemungutan suara penggemar global, sedangkan 1 I-Lander atas pilihan produser. 

Akhirnya, member grup yang diberi nama ENHYPEN itu pun diumumkan. Dengan berat hati, K dan Daniel nggak lolos debut kali ini! 

Perjalanan Baru di ENHYPEN 


ENHYPEN debut members I-LAND
sumber foto: Dreamers.id

Terkuak sudah member ENHYPEN. Berikut ini urutan berdasarkan pemungutan suara global, ya. 

1. Yang Jungwon 

Lahir pada 9 Februari 2004, tinggi 174 cm, dan berkewarganegaraan Korea Selatan. Sebelum debut, dia udah menjadi trainee selama 1 tahun 4 bulan di BigHit Entertainment. 

2. Jay 

Nama lengkapnya Jay Park / Park Jong Seong. Lahir di Seattle, Washington, pada 20 April 2002, tinggi 180 cm, dan berkewarganegaraan Korea-Amerika. Sebelum debut, dia udah menjadi trainee selama 2 tahun 11 bulan di BigHit Entertainment. 

3. Jake 

Nama lengkapnya Jake Sim / Sim Jae yun. Lahir di Brisbane, Australia, pada 15 November 2002. Memiliki tinggi 176 cm dan berkewarganegaraan Australia. Sebelum debut, dia udah menjadi trainee selama 9 bulan. 

4. Ni-Ki 

Nama lengkapnya Nishimura Riki. Lahir di Jepang pada 9 Desember 2005. Memiliki tinggi 175,5 cm dan berkewarganegaraan Jepang. Menjalani trainee selama 8 bulan dan jadi back dancer Shine ketika umur 11 tahun. 

5. Lee Heesung 

Lahir di Korea pada 15 Oktober 2001 dan memiliki tinggi 179 cm. Dia udah jadi trainee selama 3 tahun 1 bulan. 

6. Park Sunghoon 

Lahir di Korea pada 8 Desember 2002 dan memiliki tinggi 177 cm. Sunghoon menjalani trainee selama 2 tahun, 1 bulan. Sebelum debut, dia pernah 2 kali meraih medali perak di kejuaraan nasional untuk berbagai kompetisi internasional. 

Sunghoon juga menang di Asian Open 2015 dan Lombardia 2015 sebagai skater pemula. Dia juga meraih medali perak dalam kategori Men’s Junior Division pada Asian Open Figure Skating Trophy 2016. 

7. Kim Sunoo 

Lahir pada 24 Juni 2003 dan tinggi 175 cm. Sebelum debut, dia udah jadi trainee selama 10 bulan. 

Wah, nggak nyangka kalo grup ini membernya anak-anak muda yang bertalenta, ya. Saat ini mereka ada di bawah naungan BE:LIFT. 

Jangan lupa, ENHYPEN akan debut akhir November 2020 ini. Album debut pertama mereka, “Border: Day One”. Hwaiting! 


Related Posts

Posting Komentar