Manfaat Content Plan dan Cara Membuatnya

Posting Komentar

 Manfaat Content Plan dan Cara Membuatnya



Manfaat Content Plan dan Cara Membuatnya

Menulis bukanlah hal yang mudah. Butuh perencanaan yang matang agar tulisan menjadi renyah dan enak dikunyah mata. Meskipun, ada beberapa blogger yang bisa spontan dengan teknik menulisnya. Tapi untuk sebagian yang lain, diperlukan suatu perencanaan agar bisa konsisten. Maka dari itu, content plan menjadi salah satu alternatifnya. 

Pengertian Blog Plan

Blog plan itu apa, sih? Sebelum masuk ke manfaat dan cara membuat, ada baiknya kalau kita kenalan dulu sama pengertiannya. 
Blog plan adalah merencanakan proses blogging yang meliputi tujuan yang ingin dicapai blog dalam kurun waktu tertentu, niche/kategori konten yang akan ditulis, jadwal postingan blog, serta pembuatan outline. 

"Perencanaan yang matang adalah separuh jalan dari kesuksesan." 
-Marita Ningtyas- 

Manfaat Blog Plan 

1. Membantu Konsisten Membuat Postingan 

Adanya jadwal postingan akan membantu kita untuk lebih konsisten dalam mengisi blog. Jadwal tersebut bisa dibuat One Day One Post, 3x seminggu, atau sekali seminggu. 

2. Agar Konten di Masing-masing Kategori dapat Seimbang 

Kalau kita mempunyai lebih dari 1 niche/ kategori, maka dengan membuat blog plan di awal, jadwal konten masing-masing kategori dapat kita susun secara bergantian. 

3. Mengetahui Konten yang Disukai Pembaca 

Dengan adanya content plan, kita dapat mengetahui jenis konten yang disukai pembaca melalui pencarian kata kunci. 

4. Dapat Membuat Konten Berdasarkan Hari-hari Spesial 

Dengan content plan, kita bisa membuat postingan yang sesuai dengan tema hari-hari spesial tersebut. 

5. Membantu Memilih Ide Terbaik 

Content plan dapat membantu kita untuk menentukan ide terbaik yang akan dilakukan terlebih dahulu. 

6. Membantu Agar Ide Tidak Buntu 

Tema-tema konten sudah ditulis dalam content plan, jadi tidak ada alasan yang membuat kita malas untuk ngeblog. 

7. Membantu Mencari Postingan Lebih Cepat 

Kita bisa mencari tulisan lama dengan lebih mudah. Caranya, catat link postingan yang sudah tayang di dalam content plan yang kita buat. 

8. Bisa Menghemat Waktu 

Kita sudah mempunyai daftar konten seminggu, sebulan, bahkan setahun di saat orang lain baru berpikir hendak menulis apa. 

Ragam Pembuatan Blog Plan 

Ada beberapa cara membuat content blog plan yang bisa digunakan. Dari cara yang paling sederhana hingga modern. Kita bisa pilih sesuai kebutuhan dan selera. Yang terpenting, content blog plan itu bisa membantu kita dalam mencapai tujuan. 

1. Manual 

Masih suka coret-coret di kertas pakai bolpoin? Cara sederhana ini mungkin cocok denganmu. Cara ini bisa dikerjakan di mana dan kapan saja. Begitu ide tulisan muncul, kita bisa langsung memasukkannya dalam agenda perencanaan. 

2. Printable 

Kita juga bisa memilih dari desain-desain content plan yang ada di internet. Pilih bentuk yang sesuai dengan karakter kita. Bisa juga kita buat melalui aplikasi Canva dengan sekreatif mungkin. 

content plan weekly with Canva
Contoh content plan with Canva


3. Digital 

Desain content plan bisa kita buat melalui aplikasi ponsel seperti pengingat, catatan, atau aplikasi lain. Selain itu, kita juga bisa menggunakan excel atau aplikasi berbentuk sheet lainnya untuk membuat content plan. 

content plan with Excell
Contoh content plan with Excell


Jenis Content Plan 

1. Tahunan 

Kita bisa membuat tujuan ngeblog selama satu tahun ke depan. Tuliskan garis besar tujuan yang ingin dicapai. Selain itu, lakukan hal-hal untuk mencapai tujuan tersebut. Misalnya dengan membenahi struktur blog, membuat jadwal postingan, memperbarui artikel lama, juga upgrade diri dengan mengikuti lomba blog, kelas SEO, grup blogger, dan sebagainya. 

2. Bulanan 

Rencanakan artikel yang akan dibuat selama satu bulan tersebut. Tetapkan pula jadwal postingan (One Day One Post/dua hari sekali/seminggu sekali) dan catat hari-hari besar yang ada—mungkin kita bisa membuat artikel dengan tema hari besar tersebut. 

3. Mingguan 

Untuk plan mingguan, kita bisa menetapkan jadwal postingan, merencanakan tema dan kategori postingan, menuliskan tujuan penulisan artikel, dan mencatat hal-hal yang harus dikerjakan pekan itu seperti menyiapkan infografis, mencari referensi tulisan, dan wawancara narasumber. 

Contoh rencana konten mingguan untuk penjelajahseru.my.id: 

· Senin, 28 Desember 2020 
Menu: Jejak Aksara 
Kata kunci: Romansa Puber Kedua 
Judul: Review Novel Romansa Puber Kedua 

· Selasa, 29 Desember 2020 
Menu: Layar Tancap 
Kata kunci: True Beauty 
Judul: Drakor True Beauty: Antara Bullying dan Wajah Pecundang 

· Rabu, 30 Desember 2020 
Menu: Sosok Inspiratif 
Kata kunci: Marita Ningtyas 
Judul: Marita Ningtyas: Coach Blogspedia yang Multitalenta 

· Kamis, 31 Desember 2020 
Menu: Tempo Doeloe 
Kata kunci: Simpang Lima Semarang 
Judul: Cerita di Balik Simpang Lima Semarang 

· Jumat, 1 Januari 2021 
Menu: Lintas Aspal 
Kata kunci: Gunung Telomoyo 
Judul: Dua Jalur yang Menakjubkan Menuju Gunung Telomoyo 

· Sabtu, 2 Januari 2021 
Menu: Blogspedia Coaching 
Kata kunci: Blogspedia Coaching Batch 1 
Judul: Perjalanan Ngeblog dari Blogspedia Coaching 

· Minggu, 3 Januari 2021 
Menu: Goyang Lidah 
Kata kunci: Rica-rica Ayam 
Judul: Rica-Rica Ayam Pak Parmin yang Hemat dan Super Enak 

4. Harian 

Membuat outline postingan untuk membantu penyusunan artikel yang berisi tema, kategori, judul, tanggal terbit, kata kunci, latar belakang pembuatan artikel, tujuan dan manfaat artikel, narasumber, konten pendukung yang dibutuhkan, kesimpulan, daftar pustaka/sumber referensi. 

Content blog sebaiknya dipersiapkan semaksimal mungkin. Selain manfaat yang diuraikan di atas, dengan adanya content plan ini membuat blogger semakin terasah kualitas menulisnya, bukan lagi asal-asalan. 

Dengan demikian, akan semakin terbuka peluang job yang diterima blogger seperti job review event, produk, dan jasa; placement content (artikel sudah disediakan klien, tinggal pasang di blog); Google Adsense; affiliate; juga dapat menyewakan banner space untuk iklan. 

Jadi, apakah content plan blogmu sudah dipersiapkan?

Related Posts

Posting Komentar