Mendesain Blog Agar Tampil Cantik dan Menarik

Posting Komentar

 mendesain blog agar tampil cantik dan menarik


Buat kita yang baru mulai ngeblog, pasti pingin banget punya blog yang kece, ya. Begitu pula dengan diriku. Blog Dunia Itu Indah yang terbengkalai setahun, hanya memakai template bawaan blogger tanpa riasan sedikit pun. Benar-benar natural. Meski begitu, blog itu tetap tampil cantik, kok. Mau tahu caraku mendesain blog itu? 

tampilan blog dengan template bawaan


Setelah belajar ngulik di sana-sini, ternyata mempermak tampilan blog itu mudah, lho, meskipun tetap memakai template bawaan. 

Mendesain Blog dengan Template Bawaan 

Langkah-langkah yang harus kita lakukan dalam mendesain blog dengan template bawaan adalah sebagai berikut: 

1. Tema 

Tentukan dulu tema yang sesuai dengan selera kita. Usahakan yang sederhana/simple saja dengan latar belakang warna putih, biar nggak berat di mata dan enak diapa-apain. 

Caranya, masuk dulu ke dashboard blog, lalu klik tab Tema. Ada beberapa tema yang bisa kita pilih. 
1. Contempo
2. Soho 
3. Emporio 
4. Notable 
5. Essential 
6. Simple 
7. Dynamic Views 
8. Picture Window 
9. Awesome Inc. 
10.Watermark 
11.Ethereal 
12.Travel 

2. Sesuaikan/Customize 

Setelah memilih tema, klik Sesuaikan

a. Latar Belakang 

Di sini, kita bisa memilih warna/gambar untuk latar belakang blog. Tinggal klik warna/gambar yang diinginkan, lalu klik gambar disket untuk menyimpan. 

b. Sesuaikan lebar 

Berfungsi untuk mengatur tampilan blog yang disesuaikan dengan latar belakang. Klik Save

c. Tata Letak 

Ada Tata Letak Isi dan Tata Letak Footer. Pilih satu-satu. Biasanya, sih, mata lebih suka membaca postingan yang ada di sisi kiri, ya. Jadi, Sidebar-nya cukup satu di sisi kanan. Lagi pula, biar nggak terlalu rame blognya. Jangan lupa klik Save

d. Lanjutan

Ini bagian terpenting karena menyangkut tampilan blog secara keseluruhan. 
Apa aja, sih, yang dikulik di sini? 

  • Teks HalamanPilih font dan warna yang ramah pembaca. Jenis font yang sering digunakan adalah Sheriff dan Arial dengan ukuran normal, misal 16. Jangan pilih jenis font yang melelahkan mata. Pilih juga warna font yang netral seperti hitam. 

  • LatarAda pilihan warna untuk Latar LuarLatar Utama, dan Latar Header. Latar luar itu yang ada di belakang postingan. Sementara latar utama untuk latar postingan, pilih warna putih aja biar mata pembaca nggak lelah. Untuk latar header, pilih warna sesuai keinginan kita. Tapi kalau sudah punya gambar header, sebaiknya pilih warna transparant aja. 
  • LinkBeri warna yang berbeda dari warna teks. Fungsinya untuk memudahkan pembaca mengetahui link lain yang ada dalam postingan kita. Misal link judul, link eksternal, dan link internal. 
  • Judul BlogKalau belum punya gambar header, kita bisa sesuaikan jenis huruf, ukuran, dan warna font di sini. 
  • Deskripsi BlogDeskripsi blog terletak di bawah judul. Caranya sama seperti judul blog, di sini kita bisa memilih jenis, ukuran, dan warna deskripsi yang akan ditampilkan. 
  • Tabs LamanBisa pilih jenis, ukuran, dan warna font. 
  • Latar TabsBerfungsi untuk memberikan warna latar belakang laman tabs. Usahakan senada dengan latar belakang blog. 
  • Judul PostinganPilih jenis dan ukuran font yang menarik dan mudah dibaca. 
  • Header TanggalSetelah judul postingan, utak-atik pula warna teks untuk tanggal postingan. Bisa pilih jenis, ukuran font, dan warna latar belakangnya. 
  • Catatan Kaki EntriPilihan warna teks untuk footer. Ada warna teks, warna latar, dan warna bayangan. Pilih yang netral-netral aja. 
  • GadgetBiasanya, gadget terletak di sidebar kanan, meliputi ‘Tentang Saya’, ‘Pengikut’, dan ‘Arsip Blog’. Di sini, kita bisa pilih jenis, ukuran, dan warna font gadget. 
  • GambarKita bisa memilih warna latar, warna batas, dan warna teks layar untuk gambar. 
  • Aksen 
  • Warna Tombol Seluler 
  • Tambahkan CSS 
    Untuk AksenWarna Tombol Seluler, dan Tambahkan CSS lewati aja, ya. Jarang dipakai dan cuma tambahan aja. 

Nah, itu cara mendesain blog sederhana kalau kita pakai template bawaaan, ya. Kalau pingin lebih kece lagi, kita bisa memakai template gratisan. Dengan syarat, mau sabar dan teliti waktu proses pengkodingan. Kulik lagi, yuk! 

Mendesain Blog dengan Template Gratisan 

Setelah bertransformasi ke Penjelajah Seru, blog memakai template gratisan. Di sini, blog harus melalui beberapa perombakan dengan mengulik kode-kode.  


tampilan blog penjelajah seru


Langkah-langkah yang harus dilakukan ketika memakai template gratisan: 

1. Memilih dan Unduh Template 

Tentukan dulu di mana kita bisa mengunduh template gratisan ini. Ada beberapa pilihan, misalnya Fiksioner atau Blanter Wisdom. Pastikan template itu sudah SEO friendly, ya. 

2. Ekstrak Unduhan 

File yang diunduh akan berbentuk ZIP, jadi kita harus mengekstraknya terlebih dahulu. Caranya, klik kanan file yang sudah diunduh, lalu pilih extract file. 

3. Backup Template Lama 

Masuk ke dashboard blogger, pilih Tema. Lalu, klik Sesuaikan/Customize, lanjut Download. Rename file dengan nama yang mudah kita ingat biar nggak susah nyari kalau mau restore. 

4. Salin HTML Template Gratisan 

Buka file template gratisan di Notepad. Salin semua kode template file itu, masuk ke menu Tema, klik Edit HTML, lalu paste file ke text editor. Terakhir, klik tombol Save

5. Perhatikan Meta Tag di HTML 

Ada beberapa hal yang harus diubah. 

  • Html lang: ubah kode expr:dir='data:blog.languageDirection' expr:lang='data:blog.locale.language' menjadi lang='ID' xml:lang='ID' 
  • Cari kode: <title><data:blog.pageName/> -<data:blog.title/></title>, hapus - <data:blog.title/> 
  • Hapus Meta tag yang sudah nggak relevan di SEO zaman now, seperti <!-- Keyword --> beserta dua baris di bawahnya. 
  • Di bagian <!-- Facebook, Twitter, and Pinterest Meta Tag --> , isi nama akun dan link sosial media yang diminta. 
  • Gambar thumbnail bisa diubah, buat gambarnya dulu, simpan di draft, isikan link-nya di bagian meta content. 
  • Cari kode: <h2> <a expr:href='data:blog.homepageUrl' expr:title='data:title'><data:title/></a></h2> --- Ada 2 kode yang akan ditemukan, hapus kode yang kedua. 

6. Pengaturan Fitur 

Masuk ke Tata Letak/Layout
  • Seting Tema. Yang harus diperhatikan di sini adalah jumlah postingan yang ditampilkan di halaman blog harus sama dengan jumlah yang ditetapkan di pengaturan blogger. Kalau nggak, pembagian halaman akan berantakan. 
  • Menu. Kode-kode bawaan template gratisan harus diubah dengan nama menu yang kita butuhkan. Seperti Beranda, Tentang Penulis, juga kebutuhan dropdown. Perhatikan link yang harus diubah agar link bawaan nggak nyangkut ke menu blog kita. 
  • Sidebar. Bisa ditambahkan gadget lain, seperti Pengikut. Tata letak bisa diatur sendiri sesuai selera, ya. 
  • Sosial Media. Jangan lupa untuk mengganti link kita ke sini. Kalau nggak, link bawaan template gratisan yang akan muncul di blog kita. Lucu, ‘kan, blog kita tapi sosial medianya nyasar ke orang lain? 

Nah, itu adalah dua cara mendesain blog secara sederhana. Ternyata mudah, ya, apalagi keduanya sama-sama gratis. Jadi, template mana yang kamu sukai?

Related Posts

Posting Komentar