Marita Ningtyas: Bersedekah Lewat Hobinya Ngeblog

Posting Komentar

 Marita Ningtyas: Bersedekah Lewat Hobinya Ngeblog


Kali ini, kita akan berkenalan dengan sosok perempuan multitalenta. Namanya Marita Ningtyas, seorang blogger imut asal Semarang. Banyak cerita inspiratif yang bisa kita gali dari sosok ini, lho. Nggak percaya? 

Sosok Marita Ningtyas

Nama lengkapnya Marita Surya Ningtyas, lahir dari rahim seorang ibu yang bernama Endah Susilaningtyas tepat pada tanggal 16 Maret 1985. Namun, mbak yang satu ini lebih senang memakai nama Marita Ningtyas sebagai nama penanya. 

Masa kecil Mbak Marita dihabiskan di Kota Salatiga, lalu kembali ke Semarang setelah memutuskan untuk kuliah di Universitas Dian Nuswantoro yang terletak di pusat kota itu. Rezeki jodoh yang akhirnya memantapkan Mbak Marita menetap di kota lunpia bersama sang suami dan kedua buah hati mereka. 

keluarga kecil Marita Ningtyas
Mbak Marita dan keluarga kecilnya

Mbak Marita sangat menyukai warna hitam dan biru yang akhirnya menjadi warna latar blog miliknya. Selain suka ngeblog, Mbak Marita juga suka membaca, mengoleksi, dan berjualan buku. Tak lupa nonton drama korea yang lagi ongoing, suka ndengerin The Moffats, dan Smule-an. Film favoritnya Bumi Manusia, A Moments to Remember, dan Bulan Terbelah di Langit Amerika. 

Dia punya cita-cita ingin keliling dunia, juga ingin belajar menjahit biar bisa bikin brand dari gamis syari hasil karyanya sendiri. Selain itu, Mbak Marita juga ingin membuat banyak karya yang tentunya bisa bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. 

Bisnis dan Aktivitasnya 

Saat ini, Mbak Marita masih sibuk dengan kedua buah hatinya. Meskipun begitu, tak menghalangi kesibukannya yang lain. Hobi menulis masih dia jalani hingga kini. Lewat blog yang udah melambungkan namanya, Mbak Marita pun memantapkan diri menjadi blogger profesional. 

Mbak Marita bergabung dengan beberapa komunitas blog, seperti Blogger Muslimah, Blogger Perempuan, Blogger Cihuy, KEB, dan Gandjel Rel. Mbak imut yang satu ini juga tertarik dengan dunia women empowerment dan parenting. Untuk mendukung passion-nya itu, Mbak Marita bergabung dengan Komunitas Ibu Profesional, Yukjos Community Semarang Chapter, Komunitas HEBAT (Home Education Based on Akhlaq and Talents), dan Homeschooling Muslim Nusantara (HSMN) Semarang. 

Selain itu, Mbak Marita juga jadi freelance content writer bersama sang suami yang dirintis sejak 2012. Keren, ya, tahun segitu aku cuma sibuk momong anak. Hehe :D 

Nggak cuma itu. Mbak Marita juga bikin jasa penulisan artikel, lho. Jadi buat teman-teman yang punya blog tapi bingung mo diisi konten apa, bisa hubungi Mbak Marita buat kerja sama. 

Dia sempat nyambangi berbagai bisnis—dari yang namanya MLM sampai jualan buku-buku. Tapi ya itu, karena udah sibuk ngurusi tulisan, bisnisnya malah jadi nggak keurus. 

Marita dan Blog 

Mbak Marita ini punya tiga blog, lho. Yuk, intip blognya satu per satu!

Blog-blog punya Marita Ningtyas
blog-blog yang dikelola Mbak Marita Ningtyas

  • Rumah Kita

Dia mendokumentasikan beberapa catatan mengenai tumbuh kembang anak di blog Rumah Kita, sebagai pengingat perjalanannya menjadi seorang ibu. Ada tips parenting, celoteh Hanifa, dan polah si Affan yang jadi menu belajar di sana. 

  • Blogspedia 

Blog ini berisi kumpulan tutorial blogging, tentang blogspot, wordpress, dan beberapa tips menulis untuk pemula. Pembuatan blog ini dilatarbelakangi karena adanya pertanyaan dari teman-teman blogger yang penasaran tentang caranya bikin blog; bagaimana memulainya, template blog yang baik seperti apa, dan beberapa pertanyaan lainnya. Jadi, Mbak Marita memberanikan diri mengumpulkan informasi/data yang dia ketahui ke dalam blog biar gampang diakses teman-teman. Daebak! 

  • Marita's Palace

Di blog yang memakai nama pena Maritaningtyas ini, Mbak Marita mengambil niche lifestyle khususnya dunia parenting karena dia concern banget sama tema ini. Meski begitu, topik lain juga tersedia di sana. Jadi, banyak manfaat yang bisa kita dapatkan kalau berkunjung ke blog Mbak Marita ini. 

Blog personal Maritaningtyas ini ditujukan untuk menuliskan pengalaman, catatan-catatan, dan kenangan yang diharapkan bisa bermanfaat baik bagi dirinya sendiri dan orang lain. 

Prestasi Mbak Marita 

Udah lama bergelut di dunia tulis-menulis, pasti prestasinya nggak diragukan lagi, ya. Selain itu, Mbak Marita ini juga jago jadi narasumber, fasilitator, dan pembicara. Benar-benar multitalenta. 

  • Antologi Menulis 

Setidaknya ada 31 antologi yang berhasil Mbak Marita buat. Selain kisah inspiratif, ternyata terselip juga antologi puisi dan esai. 

  • Juara Ngeblog 

Ada 10 prestasi yang berhasil Mbak Marita raih. Nggak sekadar tingkat regional, Mbak Marita juga sukses menjuarai lomba blog tingkat nasional. 

  • Penghargaan 

Penghargaan berhasil diraihnya sejak masih kuliah, berlanjut saat Mbak Marita menjadi guru SD. 

Mentor di Blogspedia Coaching 

Nah, saat ini Mbak Marita jadi satu-satunya mentor di Blogspedia Coaching yang aku ikuti. Aku bersyukur banget bisa gabung dan jadi muridnya. 

Mbak Marita ini sosok yang nggak pelit ilmu. Berbagai ilmu perbloggeran dia ajarkan buat para peserta yang mayoritas masih pemula. Nggak tanggung-tanggung, mulai dari awal membuat blog sederhana sampai akhirnya ngajari pasang domain biar pesertanya lebih serius ngeblog. 

Dia juga penyabar. Mulai awal masuk kelas Blogspedia, para peserta yang antusias sering kali bertanya dengan pertanyaan yang sama. Tapi, Mbak Marita dengan telaten meladeni setiap pertanyaan yang masuk ke grup WhatsApp. Insyaallah artikel tentang Blogspedia Coaching akan dibahas hari Sabtu, 2 Januari 2021, ya. Spoiler dulu, nih! 

Selain itu, Mbak Marita juga mentorku di content writer Blogspedia. Meski belum punya pengalaman apa pun di content writer, nyatanya Mbak Marita mau menerima aku apa adanya. Dia juga yang membimbingku supaya pintar di jasa ini. Dari sini pula aku mendapat penghasilan tambahan. Alhamdulillah. 

Buat teman-teman yang ingin kenal sama Mbak Marita, silakan jalan-jalan ke sosial medianya: 

Twitter: @maritaningtyas 
Facebook: Marita Ningtyas 
Fanpage: @MaritaPalace 
Instagram: @maritaningtyas dan @marita.palace 

Nah, demikian profil Mbak Marita Ningtyas, coach sekaligus owner Blogspedia. Semoga dengan mengenalnya, membuat kita semakin terinspirasi akan jejaknya bersedekah dengan cara yang keren ini. 

Related Posts

Posting Komentar