Blogspedia Coaching: Tempat Blogger Belajar Gratisan

Posting Komentar

 Blogspedia Coaching


   Sesuai janjiku kemarin, kalau hari ini aku akan membahas tentang Blogspedia Coaching Batch 1. Artikel ini adalah tugas terakhir yang diberikan coach Marita Ningtyas sebelum aku diwisuda besok Senin, 4 Januari 2021. Insyaallah.

   Nggak terasa, udah hampir 3 bulan aku mengikuti kelas ini. Suka dan duka aku lalui bersama teman-teman yang super keren. Berjuang dan belajar bersama biar punya blog yang menarik dengan konten-konten yang diharapkan bisa bermanfaat. 

Awal Perjalanan di Blogspedia Coaching Batch 1 

   Awal Oktober 2020 kemarin, seorang teman mengirim sebuah tautan padaku melalui aplikasi WhatsApp. Dia tahu banget kalau aku pingin belajar bikin blog. Maka dari itu, nggak aku sia-siakan kesempatan ini. Segera aku isi form yang tersedia di sana buat bergabung dengan Blogspedia Coaching Batch 1. 

   Menurut tautan itu, jumlah yang akan diterima hanya 20 peserta dengan domain yang masih blogspot. Cocok banget sama blogku yang nggak terawat sejak 2019. Hehe …. 

   Alhamdulillah, respon dari coach Marita Ningtyas segera mampir ke WhatsApp-ku. Bukan status diterima, melainkan aku harus menjawab pertanyaan-pertanyaan yang bisa membuat Coach yakin kalau aku adalah murid yang layak. 

   Setelah itu, aku pun digandeng mesra ke grup WhatsApp Blogspedia Coaching Batch 1. Duh, rasanya seneng banget. Nggak nyangka pesertanya membludak hingga 50 orang. Ternyata nggak cuma aku yang pingin belajar ngeblog, ya. 

Materi dan Tugas di Kelas Blogspedia Coaching 

   Selain grup WhatsApp yang digunakan untuk komunikasi antarpeserta, kelas ini juga memakai Google Classroom untuk penyampaian materi dan tugas. 

grup Blogspedia Coaching

   Ada banyak materi yang disampaikan bersamaan dengan 9 tugas yang harus dikerjakan. Tugas harus dikerjakan tepat waktu kalau nggak mau kena tendangan Mbak Mar. 

  • Kontrak Belajar dan Materi Pemanasan  

   Coach menyampaikan Kontrak Belajar pada tanggal 10 Oktober 2020. Ada 12 hal yang harus disiapkan dan dijalani selama belajar di Blogspedia Coaching. Hawa-hawa semi militer udah mulai terasa di sini. 

   Rangkuman materi-materi yang akan peserta dapatkan juga dibagi. Keren, ada 22 jadwal yang terpampang di Classroom, lengkap dengan tanggal untuk masing-masing materinya. 

   Selain itu, materi dan tugas pemanasan dijalankan. Ada kuis yang harus dikerjakan di Google Formulir. Isinya seputar pengetahuan kita tentang blog. Dinilai, tapi nggak perlu khawatir karena belum ada tendangan Mbak Mar. Namanya juga baru pemanasan. 

  • The Big Why dan Adab Ngeblog

   Pada 12 Oktober 2020, tugas 1 dimulai. Tugas 1 ini bisa diintip di link https://diniverita.blogspot.com/

  • Platform dan Niche Blog

   Materi dan tugas 2 yang dishare tanggal 15 Oktober 2020 ini disetor lewat Google Document. Jadi belum terekspos ke luar. 

  • Membuat Blog dan mengenal Dashboard

   Materi dan tugas 3 ini dimulai tanggal 19 Oktober 2020. Dari sini, aku udah mulai pindah ke blog baru. Namanya aku sesuaikan dengan alasanku ngeblog. Maklum, waktu itu aku nggak tahu cara mengubah nama blog. Jadi daripada bingung, aku bikin aja blog baru. 

  • Membuat Postingan dan Mengenal SEO

   Materi dan tugas 4 ini mulai tanggal 22 Oktober 2020. Untuk tugas ini aku hanya mengkopi dari tugas 1 yang dirapikan. Bisa diakses melalui https://www.penjelajahseru.my.id/2020/10/alasan-kenapa-aku-pingin-ngeblog.html

  • Tugas Liburan: Merangkum Materi Marathon Coaching

   Pada tanggal 26–31 Oktober 2020, kelas diliburkan. Sebagai gantinya, peserta diharapkan mengikuti kelas Marathon Coaching yang diadakan di Google Meet. Kemudian, membuat rangkuman. Berikut link tugas yang udah aku kerjakan: 

  • Page About

   Materi dan tugas 5 ini dibuat 3 November 2020. Malu-malu meong bikin halaman ini, kan aku orangnya malu-maluin. Tapi ya sudahlah demi tugas, teman-teman bisa klik https://www.penjelajahseru.my.id/p/tentang-dini.html

  • Artikel Viral 

   Materi dan tugas 6A ini dimulai 6 November 2020. Karena masih suka sama I-Land dan kebetulan masih viral, aku jadikan aja konten itu di https://www.penjelajahseru.my.id/2020/11/ENHYPEN-dari-I-LAND.html

  • Tentang Copy Writing

  Materi dan tugas 6B tentang copy writing dishare pada 9 November 2020. Link tugasku bisa diintip di https://www.penjelajahseru.my.id/2020/11/wifi-rumah-ala-kuota-internet.html

  • Pasang Top Level Domain 

   Materi dan tugas 7 tentang Go Profesional dengan memasang TLD (Top Domain Level) pada 11-12 November 2020. Blogspotku mulai naik level menjadi my.id. Alhamdulillah, prosesnya berlangsung sedikit dramatis karena harus kehilangan domain dotcom harga promo. Haha …. 

   But it’s okay, dengan my.id pun, blogku udah tampil cantik. Yang pingin tahu tutorialku upgrade ke TLD, bisa akses ke https://www.penjelajahseru.my.id/2020/11/naik-level-biar-profesional.html

  • Sitemap

   Materi dan tugas 6B tentang membuat sitemap dimulai 16 November 2020. Dengan sitemap ini, kita bisa lebih cepat mengklik link yang pingin diakses. Contohnya seperti ini https://www.penjelajahseru.my.id/p/sitemap.html

artikel-artikel tersimpan di sitemap

  • Artikel Tempat Wisata 

   Materi dan tugas 6C tentang menulis tempat wisata pada 19 NOvember 2020. Aku share tempat piknik favoritku. Penasaran? Klik aja https://www.penjelajahseru.my.id/2020/11/uji-adrenalin-di-gumuk-reco-sepakung.html

  • Artikel How To/Tips

   Materi dan tugas 6D tentang menulis how to/tips dimulai 23 November 2020. Sebenarnya, aku bukan orang yang bisa bikin artikel kayak gini. Jadi aku buat semampuku aja. Coba, deh, tengok https://www.penjelajahseru.my.id/2020/11/tips-asyik-me-time-di-rumah.html

  • Artikel Kuliner

   Materi dan tugas 6E tentang membuat artikel kuliner ini dishare pada 26 November 2020. Nggak jauh-jauh, aku bikin warung sebelah rumah aja biar viral https://www.penjelajahseru.my.id/2020/11/subur-rejeki-kuliner-ungaran.html

  • Artikel Event

   Materi dan tugas 6F tentang menulis artikel event dipasang pada 30 November 2020. Biar nggak lupa sana event Bedah Buku A Tribute to Doctors yang diadakan tahun 2019, jadi aku menulisnya di https://www.penjelajahseru.my.id/2020/12/bedah-buku-a-tribute-to-doctors.html

  • Review Film/Buku

   Materi dan tugas 6G tentang menulis review film/buku pada 3 Desember 2020. Masih anget-angetnya drakor ini jadi tulis aja biar nggak lupa https://www.penjelajahseru.my.id/2020/12/start-up-drakor-penuh-dusta.html

  • Permak Blog dan Bermain dengan Canva

   Materi dan tugas 8A tentang permak blog dan bermain dengan Canva dishare pada 8-10 Desember 2020.

   Wah, banyak yang dikupas di sini, termasuk cara memasang banner grup dan menghilangkan ?m=1 di link. Pretilan-pretilan kode nyatanya bisa membuat tampilan blog semakin cantik. Itu terbukti pada blogku, ‘kan? 

belajar koding-kodingan

   Untuk tugas Canva, sengaja aku buat cerpen. Malah kayak gambar bercerita gitu, ya. Boleh dong diintipin https://www.penjelajahseru.my.id/2020/12/surat-cinta-di-balik-corona.html

  • Pasang Template Unduhan

   Materi dan tugas 8B tentang memasang template unduhan pada 14 Desember 2020. Aku memilih igniel karena lebih mudah dan sesuai SEO. Coba lihat template lama dan baruku di sini https://www.penjelajahseru.my.id/2020/12/mendesain-blog-sederhana.html. Beda, ‘kan? 

Tampilan blog penjelajahseru.my.id

  • Personal Branding

   Materi dan tugas 9A tentang personal branding ini pada 21 Desember 2020. Kira-kira, teman-teman mengenalku sebagai apa, ya? Udah cocok sama artikel https://www.penjelajahseru.my.id/2020/12/membangun-personal-branding.html belum? 

  • Content Plan

   Materi dan tugas 9B tentang content plan ini pada 24 Desember 2020. Di sini, kita harus membuat daftar artikel yang akan ditulis selama 1 pekan, mulai tanggal 28 Desember 2020–2 Januari 2021. Teman-teman bisa lihat selengkapnya di https://www.penjelajahseru.my.id/2020/12/membuat-content-plan.html

  • Tugas Akhir

   Tugas 9C adalah tugas akhir dengan menulis artikel selama 6 hari berturut-turut sesuai content plan yang udah dibuat pada tugas sebelumnya. Berikut link tugas akhirku: 
6. postingan ini hehe .... 

   Alhamdulillah, tantangan demi tantangan bisa aku lalui sampai hari ini. Semoga setelah kelas ini selesai, aku bisa tetep istikamah menulis di blog, ya. Aamiin. 

Kesan Masuk Blogspedia Coaching 

   Banyak ilmu perbloggeran yang bisa didapat dari kelas ini. Nggak rugi mengikutinya. Selain nggak bayar alias gratis, persaudaraan di antara sesama peserta bisa terjalin. Kami saling membantu jika ada yang kesulitan. Apalagi aku yang pernah mengalami amnesia ini, udah baca tetap aja banyak yang lupa. 

   Dengan adanya blog ini sangat membantuku. Setidaknya ada hal-hal yang bisa aku ingat jika kelak aku tua nanti. Juga petualangan-petualangan seru dari peserta lain yang memberiku banyak inspirasi. 

   Mulai dari kegalauan mereka mengatur waktu—hampir kesemuanya emak-emak beranak yang full kegiatannya, juga artikel-artikel mereka yang semuanya sangat bermanfaat. Pokoknya keren-keren deh semua peserta kelas ini! 

Harapan untuk Blogspedia Coaching 

   Semoga tetap memberikan banyak manfaat. Semakin berkembang dengan ilmu-ilmu yang ada, juga semakin banyak peserta yang bisa lolos hingga tahap akhir. 

   Semi militer yang diterapkan coach memang penting. Kalau nggak gitu, peserta nggak bisa disiplin dan istikamah ngeblognya. Jadi yang mau masuk Blogspedia Coaching batch selanjutnya, siap-siap aja jangan sampai kena tendangan Mbak Mar. Sakitnya tuh di situuu …! 

   Aku sarankan buat teman-teman yang pingin mulai belajar ngeblog, silakan ikut kelas Blogspedia Coaching ini. Persiapkan diri dan mental biar nggak kena tendangan Mbak Mar. begitu juga dengan otak. Kosongkan gelas selama menerima ilmu baru. Kerjakan aja sesuai materi dan tugas yang diberikan. Selama kamu enjoy, tugas-tugas itu nggak terasa berat, kok. Okay

Related Posts

Posting Komentar